Jumat, 24 Februari 2017

SEJARAH DESA KEDUNGDOWO




Sejarah Desa

Desa Kedungdowo adalah merupakan desa yang terletak diantara, Desa Mijen, Desa Banget, Desa Setrokalangan dan Desa Garung Kidul. Pada jaman Kerajaan Majapahit ada seorang tokoh/pangeran yang boleh disebut  Pangeran Puger yang sampai ini masih ada petilasan pangeran puger yang masih diuri-uri oleh warga dukuh Jetak Rt/Rw : 5/5 desa Kedungdowo. Konon ceritanya pada saat itu pangeran Puger  melewati Desa yang mana Desa itu mempunyai sungai besar/Kedung memanjang dan sangat panjang lalu Pangeran tersebut menamakan Desa itu Desa Kedungdowo.

Kondisi Geografis

Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah merupakan satu  dari 15 desa di kecamatan Kaliwungu yang mempunyai jarak 7 km dari kota kabupaten dan berjarak 1 Km dari kota Kecamatan Kaliwungu. Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, dengan luas 308.227 ha. Secara geografis Desa Kedungdowo memiliki batas-batas wilayah administrasi sendiri yang terletak di perbatasan dengan:

Sebelah Utara              : Desa Mijen
Sebelah Timur             : Desa Garung Kidul
Sebelah Selatan           : Desa  Setrokalangan
Sebela Barat                : Desa Banget

Secara topografis desa Kedungdowo kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus terdiri atas dataran rendah. Dengan ketinggian ± 17 m diatas permukaan air laut. Sesuai dengan letak geografis, dipengaruhi iklim daerah tropis yang dipengaruhi oleh angin muson dengan 2 musim, yaitu musim kemarau pada bulan April-September dan musim penghujan antara bulan Oktober-Maret.

Desa Kedungdowo dalam suatu sistem hidrologi, merupakan kawasan yang berada pada dataran rendah. Kondisi ini yang menyebabkan rawan terhadap bencana alam banjir pada musim penghujan.

Dilihat dari kondisi geografis suhu udara desa Kedungdowo adalah :
-  Suhu udara                           : 23-28 derajat Celcius
-  Kelembababan udara           : 45,2 % - 4 %
-  Curah hujan                         : 2.60 mm Pertahun

      Gambaran Umum Demografi struktur Sosial
       Dalam pandangan pemerintah Desa Kedungdowo yang kami lihat secara umum masyarakat Desa Kedungdowo mempunyai struktur sosial yang beragam dan Hetrogen. Sebagian besar senang berkumpul dan membentuk kelompok, berorganisasi, dan bersosialisasi untuk kesejahteraan dan kemajuan desa serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), masyarakat desa Kedungdowo misalnya :
1.    di bidang sosial masyarakat, masyarakat Desa Kedungdowo pada dasarnya senang berkelompok, misalnya membuat kelompok usaha, paguyuban dan berorganisasi mulai usia remaja sampai dengan usia lanjut masih banyak yang ikut berorganisasi, bahkan yang perempuan melalui kegiatan PKK, arisan, temu warga, gotong royong, kerja bakti, atau bakti sosial lainnya.
2.    di bidang sosial agama, mengadakan pengajian-pengajian, membentuk ikatan remaja masjid, dan beraneka kegiatan keagamaan lainnya.
3.    di bidang olahraga, juga membentuk Club-club/Persatuan olahraga bagi para pemuda. Yaitu melalui olahraga; bola voli, sepak bola, bulu tangkis, dan lain-lain.


source: kedungdowoofficial.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar